Tak ada hasil yang ditemukan

    Pengaturan Blog di Dashbor Blogspot yang Harus Dilakukan

    Blog yang ramai pengunjung menjadi impian para blogger, baik di Blogspot maupun Wordpress atau platform lainnya sehingga upaya-upaya memaksimalkan pengelolaan blog dilakukan untuk tujuan tersebut.

    Salah satunya adalah melakukan pengaturan blog di dashbor blogspot bagi yang menggunakan layanan blogspot. (untuk wordpress akan dibuat pada pembahasan terpisah).

    Mengapa harus dilakukan pengaturan?


    Karena pada posisi default Blogspot masih diperuntukkan bagi seluruh penggunanya. Sehingga untuk menyesuaikan kebutuhan, baik dari segi wilayah, tema pembahasan maupun beberapa pengaturan keamanan.

    Dengan melakukan pengaturan tersebut maka kita memberikan signal kepada mesin pencari tentang kebutuhan sebagaimana yang kami sebutkan di atas.

    Walaupun demikian, untuk mengoptimalkan kinerja blog bukan hanya terbatas pada pengaturan yang disebutkan di atas, namun akan banyak hal yang dapat dilakukan khususnya untuk optimasi blog yang dikenal dengan Serach Engine Optimation (SEO).

    Bagaimanakah langkah-langkah melakukan pengaturan tersebut?


    Silakan perhatikan tahapan-tahapan berikut:

    Pada dashbor blogspot, silakan menuju "Setelan" (pada bagian gambar gigi roda).

    Disana anda akan menemukan 7 bagian yang membutuhkan pengaturan. Dari ke-7 pengaturan tersebut tidak semua harus dilakukan pengaturan. Kita hanya mengatur beberapa bagian saja sesuai kebutuhan.

    Ketujuh pengaturan tersebut terdiri dari:
    1. Dasar;
    2. Posting, komentar dan berbagi;
    3. Email;
    4. Bahasa dan pemformatan;
    5. Preferensi penelusuran;
    6. Lainnya; dan
    7. Setelan Pengguna.

    Adapun penjelasan dari masing-masing bagian tersebut adalah sebagai berikut:

    Dasar


    Bagian ini merupakan bagian yang sangat penting. Terdapat beberapa bagian pengaturan namun yang perlu anda edit adalah seperti yang kami beri tanda panah pada gambar berikut:

    Pengaturan Blog di Blogspot
    Pengaturan Blog di Blogspot


    Keterangan:
    1. Pada bagian deskripsi, silakan isi dengan deskripsi blog anda, yaitu tulisan yang menggambarkan keseluruhan tema pembahasan blog anda.
    2. Pada bagian HTTPS, silahkan pilih "Ya".

    Posting, Komentar dan Berbagi


    Seluruh bagian ini dapat menggunakan setelan default, artinya kita bisa tidak melakukan pengaturan apapun. Biarkan dalam posisi yang disediakan oleh blogspot, kecuali jika anda membuat perubahan tertentu sesuai keinginan anda.

    Email


    Bagian ini juga dapat menggunakan setelan default seperti yang ada diatas.

    Bahasa dan Pemformatan


    Bagian yang perlu diatur disini adalah pada zona waktu. Silakan sesuaikan dengan zona waktu anda. Jika anda pada berada di wilayah Indonesia bagian barat, maka anda dapat menggunakan zona (GMT + 07:00) Jakarta. Silakan menyesuaikan.

    Preferensi Penelusuran


    Disin juga merupakan bagian sangat penting. Silakan lakukan pengaturan pada Tag Meta > Deskripsi. Silakan isi dengan deskripsi blog yang mewakili keseluruhan pembahasan pada blog anda. Kata-kata yang digunakan harus singkat, padat dan jelas karena kita hanya diperbolehkan sebanyak 150 karakter.

    Lainnya


    Pada setelan ini, silakan atur bagian Feed Situs > Izin Feed Blog. Silakan ubah menjadi "Singkat". Hal ini dapat pula menghidari terjadinya pencurian konten blog.

    Pada bagian paling bawah, ada pengaturan untuk Google Analytics > ID Properti Web Analytics. Silakan isi dengan nomor ID Google Analytics anda.

    Setelan Pengguna


    Pada bagian ini dapat dibiarkan pada posisi default, kecuali Anda ingin menampilkan profil blog Anda sebagai profil akun blogger.

    Demikian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat. Untuk menuju ke halaman utama pembahasan terkait blogging, silakan menuju tulisan yang berjudul "Membuat Blog Hingga Menjadi Sumber Penghasilan Utama".

    Posting Komentar

    Berikan tanggapan atau komentar Anda...!!!

    Lebih baru Lebih lama

    نموذج الاتصال